Selasa, 18 Maret 2014

Tutorial Penomoran (Romawi & Angka) di Ms Word



Haloo :D
Penomoran halaman wajib dituliskan dalam sebuah karya, terlebih lagi skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir (seperti saya :p). Dengan memberikan nomor dan daftar isi, maka penulis dapat memudahkan pembaca dalam melakukan pencarian.

Pada sebuah karya, terdapat 2 format penulisan nomor halaman yang berbeda antara format nomor bagian awal (kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dll)  dengan format nomor bagian isi (bab 1, bab 2, bab 3, dst). Pada bagian awal seringkali nomor halaman dibuat dengan angka romawi, sedangkan bagian isi dibuat dengan angka biasa yang dimulai dari angka 1 dan seterusnya.

Dalam post ini, kita akan belajar cara mengatur format nomor halaman menggunakan Ms Word, berikut langkah-langkahnya:

1. Hapus format penomoran pada dokumen teman-teman (jika sudah diberikan).

2. Beri nomor dengan cara klik menu insert  --> page number --> bottom of page --> plain number 2; seperti pada gambar dibawah ini:

3. Ubah format angka pada dokumen menjadi angka romawi dengan cara klik menu insert --> page number --> format page number --> number format; lalu pilih format angka romawi seperti pada gambar dibawah ini:

4. Untuk membedakan format angka pada bagian awal dengan awal bab (romawi & angka biasa), teman-teman bisa menuju ke halaman pertama yang ingin dipisahkan (misalnya bab 1). Buat new section break dengan cara klik page layout --> breaks --> next page; seperti pada gambar dibawah ini:


5. Masih di halaman yang sama, klik 2 kali pada bagian footer. Pilih menu design kemudian klik link to previous sehingga tidak berwarna biru; seperti pada gambar dibawah ini:


6. Selanjutnya, masih di halaman yang sama, beri penomoran lagi dengan cara klik menu insert  --> page number --> bottom of page --> plain number 2.

7. Ubah format angka romawi menjadi angka biasa. Pilih start at 1 --> OK; seperti pada gambar dibawah ini:


8. Selesai. Teman-teman sudah membedakan format penomoran yang berbeda untuk bagian awal dengan bagian isi, dimana bagian awal menggunakan angka romawi, sedangkan bagian isi menggunakan angka biasa yang dimulai dari angka 1.


Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar: